Rabu, 25 Juli 2007

Proteksi JavaScript Yahoo Otomatis Rubah Tampilan Kata

Posted by Berita IT
Untuk melindungi pengguna dari kode jahat yang mengincar komputer pengguna lewat kiriman e-mail, Yahoo menggunakan metode proteksi yang memanipulasi tampilan lewat JavaScript, beberapa pesan jadi tampil aneh.
Dengan proteksi tersebut maka mail server Yahoo akan secara otomatis mengganti beberapa jenis kata yang didapati dengan kata lainnya sebelum meneruskannya ke penerima. Hal itu dilakukan untuk melindungi penerima e-mail dan sistem milik Yahoo sendiri dari serangan kode jahat yang biasa diselipkan oleh hacker maupun terbawa oleh worm maupun virus. Akibat dari metode proteksi seperti itu tak jarang beberapa tampilan kalimat baik lewat e-mail maupun halaman situs yang diakses lewat Yahoo akan terbaca aneh.
Diantara sejumlah kata yang mendapat perhatian dan akan otomatis dirubah oleh Yahoo adalah "mocha" yang bakal ditampilkan menjadi "espresso". Sejumlah kata lain juga akan dirubah oleh Yahoo karena alasan keamanan dan kenyamanan. Yahoo menempuh metode proteksi seperti itu karena kata-kata yang dimaksud tersebut berkaitan dengan Javascript yang disalahgunakan oleh hacker dan pembuat virus untuk menyerang komputer mangsa mereka.
Kata 'mocha' dan beberapa kata lain tersebut sudah lazim dipahami sebagai bagian dari serangkaian perintah yang biasa ditulis dalam JavaScript untuk menjalankan perintah tententu. Kalau kata ini diloloskan ke komputer pengguna maka bukan tidak mungkin disalahgunakan untuk memicu serangan.

Tidak ada komentar: